Kamis, 20 September 2018

Sifat-Sifat Kepemimpinan Yang Efektif

Sifat-Sifat Kepemimpinan yang Efektif. Kepemimpinan: Suatu Panduan Sifat yang Langka. Suatu perusahaan besar mencari seorang presiden dan pejabat direktur utama. Ia harus bisa memimpin perusahaan multi-divisi yang besar dengan instalasi tersebar di seluruh dunia. Melapor kepada dewan direksi. Kesempatan cantik untuk manajer senior dengan pengalaman yang terbukti untuk menempati kedudukan penuh prestise ini. Bakat kepemimpinan itu yaitu suatu keharusan.

Pemimpin perusahaan yang berhasil dalam lingkungan yang banyak menuntut remaja ini, cenderung mempunyai paling sedikit delapan sifat pribadi. Jelas bahwa dalam setiap individu, beberapa sifat itu lebih faktual daripada yang lain dan beberapa lagi kurang menonjol. Namun demikian, pemimpin organisasi yang ulung idealnya mempunyai suatu kombinasi dari kebanyakan sifat diberikut ini:

Kemampuan untuk memusatkan perhatian. DEO yang sanggup menangkap perhatian dari setiap insan dalam organisasi mempunyai salah satu unsur terpenting dari kepemimpinan. Pribadi ibarat itu memancarkan aliran tunggal tingkat tinggi dan pengabdian terhadap suatu pandangan – suatu jadwal atau cetak biru masa depan. Pemilikan pandangan ini membedakan pemimpin yang berbakat dari mereka yang kurang berbakat. CEO yang mempunyai pandangan, tidak akan pernah kehilangan pandangan adil jangka panjangnya sementara masing menangani peluang dalam jangka pendek atau kemunduran dalam lingkungan yang selalu berubah.

Penekanan pada nilai yang sederhana. Pemimpin perusahaan yang menganut seperangkat nilai dasar yang sederhana, dan selalu menekankan nilai itu dalam pidato, materi tertulis dan dalam rapat dengan pegawai, menumbuhkan persatuan dalam organisasi. Nilai itu sanggup juga menjadi kerangka untuk memmenolong manajer mengambil keputusan. Jika umpamanya, pelayanan kepada pelanggan ialah prioritas tinggi, maka nilai itu menjadi kriteria dalam proses pembuatan keputusan.

Selalu bergaul dengan orang. Pemimpin yang efektif jarang dipandang sebagai orang yang jauh dan menyendiri. Tetap bergaul dengan pegawai di luar organisasi sama pentingnya dengan pergaulan di dalam organisasi. CEO yang efektif biasanya mempunyai jaenteng kontak eksternal dengan pelanggan utama yang dibangun dengan seksama, mitra sederajat (para CEO di dalam maupun di luar industrinya sendiri, khususnya masyarakat finansial), serta pemimpin pemerintahan, ilmuwan dan akademis.

Menghindari profesionalisme tiruan. Sarana menolong administrasi – khususnya sistem isu yang dengan seketika sanggup menyediakan dan menganalisis jumlah data sangat besar – sudah tumbuh pesat sekali selama dua dasawarsa terakhir ini. Demikian pula sudah menjamur banyak sekali konsep administrasi terkena perumusan strategis.

Mengelola perubahan. Sifat ini melengkapi sifat berpandangan luas. Selain mempunyai bayangan dari masa depan perusahaan. CEO harus terampil dalam mengadakan perubahan. Pemimpin yang cendekia harus sanggup “menciptakannya terjadi”.

Memilih orang. Setiap CEO yang efektif andal mengidentifikasikan dan mempertahankan bawahan yang berbakat; mempromosikan mereka dari dalam organisasi, membajaknya dari perusahaan pesaing bahkan dari perusahaan di industri lain.

Hindari “mengerjakan tiruana sendiri”. Eksekutif utama dari organisasi besar yang mencoba “mengerjakan tiruana sendiri”, sedang menuju kehancuran potensial. Pemimpin yang berhasil, menyadari bahwa mereka itu tidak mengetahui tiruananya; sebagai insan biasa, mereka mempunyai pengetahuan dan kemampuan terbatas.

Menghadapi kegagalan. Akhirnya satu sifat dari pemimpin yang berhasil yaitu kemampuan untuk menangani kegagalan. Bukan tidak biasa bagi seorang pemimpin perusahaan terpandang yang sudah memperoleh serangkaian keberhasilan, tiba-tiba tertimpa beberapa kegagalan yang berakibat kemunduran keberuntungan perusahaannya. Tetapi pemimpin yang sejati tidak akan resah untuk menghadapi kemunduran dan akan mengakui tanggung jawabannya kalau memang begitu keadaannya. Yang lebih penting lagi, pemimpin ibarat itu akan berguru dari kesalahan yang sudah diperbuat dan akan maju terus.

Daftar Pustaka:
Drake, Rodman L., diedit oleh Timpe, A. Dale, 2000, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kepemimpinan. New York: KEND Publishing.

0 komentar

Posting Komentar