Minggu, 30 September 2018

Pengertian Manajemen

Suyadi Prawiro Sentono, (1999:307) Mendeskripsikan pengertian Manajemen sebagai diberikut:
Management is a set of linkaged, integrated and sequencing activities to synergism the human being, natural resources and technical know how to well match the predetermined goals and considering the natural environment. Those activities are planned, implemented and controlled under the following ethical performance”:
  1. Ing ngarso sung tulodo (wise leadership)
  2. Ing madyo mangun karso (the middle management encourage the personnel’s creativity)
  3. Tut wuri handayani (the management supporting)
  4. Alon-alon waton kelakon (effectivitiness)
  5. Jer basuki mawa bea (efficiently)
Penjelasan dari definisi tersebut ialah sebagai diberikut: Manajemen ialah suatu perangkat kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan (link), terpadu (integrated) dan berurutan (sequencing) satu sama lain untuk mensinergikan sumber daya manusia, sumberdaya alam dan teknologi sesuai dengan (to match) tujuan-tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya, dengan memperhatikan lingkungan hidup.

Ermaya Suradinata, (1998:14) mendeskripsikan pengertian administrasi sebagai diberikut: Manajemen sanggup dirumuskan sebagai kemampuan yang bekerjasama dengan perjuangan untuk mencapai tujuan tertentu dengan jalan memakai insan dan banyak sekali sumber yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang seefisien mungkin.

David Lioyd, yang dikutip Suyadi (1999:290) mendeskripsikan pengertian administrasi ialah sebagai diberikut:
”The therm of management has two important meanings. One dictionary defines management as “the act, art or manner of handling, controlling or directing and the group of those who manage or direct an enter prise.”
Pengertian di atas sanggup diartikan bahwa istilah administrasi memiliki 2 (dua) arti penting yaitu pertama, administrasi sebagai tindakan/kegiatan, seni atau cara menangani atau melaksanakan, mengawasi dan mengarahkan. Kedua, adanya sekelompok orang yang mengatur/mengarahkan untuk mencapai tujuan dalam suatu perusahaan.

Dari uraian yang dipaparkan para pakar di atas sanggup disimpulkan bahwa administrasi ialah suatu acara atau tindakan yang ditetapkan berupa kemampuan yang bekerjasama satu dengan yang lainnya dalam perjuangan untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan).

0 komentar

Posting Komentar