Banyak andal mendefinisikan pemahaman wacana koordinasi dengan memdiberi pendapat yang tidak sama-beda tetapi memiliki tujuan yang sama, yakni bahwa koordinasi yaitu asas umum dalam tiruana organisasi atau sanggup dikatakan koordinasi yaitu asas pokok organisasi.
Mooney dalam Sutarto (1998: 141) mengemukakan bahwa pengertian koordinasi yaitu “The orderly arrangement of group effort, to provide unity of action in the pursuit of common purpose.”
melaluiataubersamaini demikian Mooney memandang bahwa koordinasi ialah suatu pengaturan perjuangan sekelompok orang secara teratur untuk membuat kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya suatu tujuan. Pengaturan perjuangan kelompok atau organisasi memang diperlukan, mengingat organisasi terdiri atas sejumlah unit kerja yang berlainan fungsi namun diikat oleh satu kesatuan tujuan tertentu.
Selaras dengan pendapat di atas Benn dalam Sutarto (1998 : 141) menyampaikan bahwa ”Coordination: A Continuous, harmonious action toward the objectives, attained through leadership, organization, and administration; The arrangement of group efforts in a continuous and orderly manner so as to provide unification of action in the pursuit of a common goal.”
Dari pendapat di atas diperoleh suatu konsep pemahaman bahwa koordinasi suatu kelangsungan, keharmonisan mencapai tujuan, yang sanggup dicapai melalui kepemimpinan, organisasi dan administrasi; dan koordinasi juga dipandang sebagai suatu penyusunan usaha-usaha kelompok di dalam suatu kelangsungan dan keteraturan perilaku sehingga membuat kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya tujuan bersama. Dalam pendapat ini, faktor kepemimpinan, organisasi dan manajemen sepertinya dijadikan faktor-faktor yang memerlukan keharmonisan dan keteraturan yang dikondisikan melalui acara koordinasi.
Mooney dalam Sutarto (1998: 141) mengemukakan bahwa pengertian koordinasi yaitu “The orderly arrangement of group effort, to provide unity of action in the pursuit of common purpose.”
melaluiataubersamaini demikian Mooney memandang bahwa koordinasi ialah suatu pengaturan perjuangan sekelompok orang secara teratur untuk membuat kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya suatu tujuan. Pengaturan perjuangan kelompok atau organisasi memang diperlukan, mengingat organisasi terdiri atas sejumlah unit kerja yang berlainan fungsi namun diikat oleh satu kesatuan tujuan tertentu.
Selaras dengan pendapat di atas Benn dalam Sutarto (1998 : 141) menyampaikan bahwa ”Coordination: A Continuous, harmonious action toward the objectives, attained through leadership, organization, and administration; The arrangement of group efforts in a continuous and orderly manner so as to provide unification of action in the pursuit of a common goal.”
Dari pendapat di atas diperoleh suatu konsep pemahaman bahwa koordinasi suatu kelangsungan, keharmonisan mencapai tujuan, yang sanggup dicapai melalui kepemimpinan, organisasi dan administrasi; dan koordinasi juga dipandang sebagai suatu penyusunan usaha-usaha kelompok di dalam suatu kelangsungan dan keteraturan perilaku sehingga membuat kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya tujuan bersama. Dalam pendapat ini, faktor kepemimpinan, organisasi dan manajemen sepertinya dijadikan faktor-faktor yang memerlukan keharmonisan dan keteraturan yang dikondisikan melalui acara koordinasi.
0 komentar
Posting Komentar