Rabu, 19 September 2018

Mengukur Kepuasan Pelanggan

Kotler (1994) dalam Zulian Yamit (2001:80) mengemukakan beberapa metode yang sanggup dipakai untuk mengukur kepuasan pelanggan, metode tersebut antara lain :
1. Sistem Pengaduan
System ini mempersembahkan peluang kepada pelanggan untuk mempersembahkan masukan, keluhan dan bentuk ketidak puasan lainnya dengan cara men yediakan kotak masukan. Setiap masukan dan keluhan yang masuk harus menjadi perhatian bagi perusahan, lantaran masukan dan keluhan itu pada umumnya dilandasi oleh pengalaman mereka dan hal ini bentuk kecintaan mereka terhadap produk maupun terhadap perusahaan.

2. Survey pelanggan
Survey pelanggan ialah cara yang umum dipakai dalam mengukur kepuasan pelanggan misalnya, melalui surat pos, telepon atau wawancara secara langsung.

3. Pgual pelanggan
Perusahaan mengundang pelanggan yang setia terhadap produk dan mengundang pelanggan yang sudah berhenti membeli atau sudah pindah menjadi pelanggan perusahaan lain. Dari pelanggan setia akan diperoleh warta tingkat kepuasan yang mereka rasakan dan dari pelanggan yang sudah berhenti membeli, perusahaan akan memperoleh warta mengapa hal itu sanggup terjadi. Apabila pelanggan akan memperoleh warta mengapa hal itu sanggup terjadi ini menawarkan kegagalan perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Dalam kaitannya dengan kepuasan konsumen, Lele dan Sheth (1995:49) menawarkan kepuasan konsumen atau masyarakat sebagai kunci untuk mendapat hasil jangka panjang dan tetap memdiberi kesenangan kepada pelanggan ialah bisnis setiap orang.

0 komentar

Posting Komentar